Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri Cyrus Network Hasan Nasbi meyakini pemberian bantuan sosial oleh pemerintah Presiden Joko Widodo tidak berpengaruh pada kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Dia mengatakan, selama 18 tahun berkiprah di konsultan politik, bansos tidak memiliki hubungan dengan kemenangan petahana.

“Kami tidak pernah lagi menguji bansos dengan keterpilihan petahana, karena bansos ini selama 18 tahun memang tidak ada hubungannya,” kata Hasan ketika bersaksi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Hasan hadir di MK memberikan keterangan sebagai saksi ahli yang diajukan oleh tim hukum Prabowo-Gibran. Dia memberikan contoh perkataannya dari hasil pemilihan umum sebelumnya. Dia mengatakan apabila bansos memiliki pengaruh, maka Joko Widodo tidak akan menang melawan Fauzi Bowo dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Dia mengatakan Ganjar Pranowo juga tak akan menang melawan Bibit Waluyo di Jawa Tengah.

“Kalau ada hubungannya, Pak Jokowi tidak bisa mengalahkan Foke. Kalau ada hubungannya Pak Ganjar nggak bisa ngalahin Bibit,” kata dia.

Hasbi melanjutkan apabila bansos memang berpengaruh maka Khofifah Indar Parawansa juga tak akan bisa mengalahkan Saifullah Yusuf di Pilgub Jawa Timur.

Begitupun apabila ada hubungan antara banso dengan keterpilihan, maka Anies tidak akan bisa menang melawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Petahana biasanya menang bukan karena bansos, tapi karena calon lawannya dianggap tidak lebih baik. Kalau lawannya dianggap lebih baik, mau kasih bansos berapapun petahana akan kalah,” kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Otto Hasibuan: Permohonan Anies-Muhaimin Hanya Penggiringan Opini!


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *