Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Kanada ikut buka suara soal terpilihnya Prabowo Subianto┬ásebagai Presiden Indonesia. Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton, kepada wartawan di kediamannya di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Dalam keterangannya, Dutton mengucapkan selamat bahwa pemilihan umum (pemilu) Indonesia dapat terselenggara dengan baik pada 14 Februari lalu. Ia mengatakan saat ini Ottawa sangat antusias dalam bekerja sama dengan presiden baru.

“Saya tahu kita akan melanjutkan hubungan yang sangat kuat,” paparnya.

Dutton menambahkan bahwa Kanada tahun depan akan mengadakan pemilu. Ia menyebut Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau akan kembali mengikuti pesta demokrasi itu.

“Namun siapapun yang menang, saya rasa kita akan terus melanjutkan hubungan yang baik karena masyarakat kami sangat mendukung hubungan yang erat dengan wilayah ini, khususnya dengan Indonesia,” jelasnya.

Serupa, pernyataan Dutton juga digemakan oleh Dubes Kanada untuk ASEAN, Vicky Singmin. Singmin menyebut saat ini pihaknya juga siap dalam bekerja sama dengan Indonesia di dalam kerangka ASEAN.

“Kami berharap untuk melanjutkan hubungan yang erat tersebut bersama,” timpalnya.

Sementara itu, Dutton menyatakan Kanada dan Indonesia saat ini masih dalam perundingan perdagangan bebas ICA-CEPA sejak 2021. Ia menambahkan meski ada beberapa hal yang menjadi persoalan, kedua pemimpin di Ottawa dan Jakarta sepakat untuk menyelesaikan diskusi tersebut di akhir tahun ini.

“Saya rasa hal tersebut adalah prioritas utama dan hal ini tentunya dapat menjadi berarti bagi warga Kanada dan Indonesia,” tambahnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Prabowo Puji Kesuksesan Program Ekonomi ‘Jokowinomics’


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *