Jakarta, CNBC Indonesia – Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur resmi beroperasi hari ini, Jumat (5/4/2024). Citilink jadi maskapai penerbangan perdana yang mendarat di bandara tersebut.

PT Surya Dhoho Investama (SDhI), anak perusahaan dari PT Gudang Garam Tbk, menegaskan bahwa penerbangan perdana ini bakal menjadi tonggak bersejarah dalam pengembangan konektivitas udara dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur bagian selatan, khususnya di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Penerbangan perdana ini menawarkan rute Jakarta-Kediri-Jakarta menggunakan pesawat tipe A320 CEO dengan kapasitas 180 penumpang. Penerbangan ini terbang dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu.

“SDhI mempersembahkan Bandar Udara Dhoho ini sebagai A Gift to the Nation, di mana Bandar Udara Dhoho ini merupakan sebuah infrastruktur yang akan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan dan kemajuan ekonomi Indonesia secara keseluruhan, serta membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk terhubung ke berbagai daerah di Jawa Timur bagian selatan,” kata Presiden Direktur SDhI Istata T Siddharta dalam keterangan resminya.




Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (8/12), meninjau kesiapan Bandara Internasional Dhoho Kediri jelang beroperasi secara komersial pada awal tahun 2024. (Dok. Kemenhub)Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (8/12), meninjau kesiapan Bandara Internasional Dhoho Kediri jelang beroperasi secara komersial pada awal tahun 2024. (Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (8/12), meninjau kesiapan Bandara Internasional Dhoho Kediri jelang beroperasi secara komersial pada awal tahun 2024. (Dok. Kemenhub)

Bandara Dhoho Kediri sendiri dibangun dengan standar internasional, dengan landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter. Untuk terminal penumpang dirancang untuk menampung hingga 1,5 juta penumpang setiap tahunnya pada tahap awal, dan akan mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahunnya pada tahap akhir. Bandara ini akan dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah membocorkan Bandara Dhoho Kediri bakal beroperasi hari ini. Dan menurut Citilink menjadi maskapai perdana sekaligus melayani pemudik dari Jakarta langsung menuju Kediri.

“Salah satunya yaitu Maskapai Citilink. Menyambut kebahagiaan lebaran Idul Fitri, Citilink membuka rute penerbangan Jakarta – Kediri pulang pergi,” kata Khofifah.

Khofifah berharap dengan dimulainya penerbangan rute Jakarta-Kediri akan semakin mempermudah akses transportasi dari dan menuju Jawa Timur. Lalu dengan disediakannya rute penerbangan Jakarta-Kediri melalui Bandara Dhoho Kediri ini, maka masyarakat Jatim yang akan mudik ke Blitar, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo maupun daerah kabupaten Kota di wilayah Mataraman dan Selingkar Wilis akan semakin dekat dan semakin nyaman.

[Gambas:Video CNBC]

(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *