Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam rangka memperluas visi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dari Pilpres 2024 ini, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Indonesia memimpin delegasi tingkat tinggi dalam kunjungannya ke India pada tanggal 1-5 April 2024.

Melansir keterangan tertulis Kedutaan Besar India, salah satu tujuan utama dilakukannya delegasi ini adalah untuk mempelajari “Midday Meal Scheme” atau Skema Makan Siang di India.

“Baru-baru ini, Bapak Gibran Rakabuming, Wakil Presiden terpilih dan Walikota Surakarta saat ini, dalam pertemuannya dengan Sandeep Chakravorty, Duta Besar India, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah,” tulis keterangan tersebut, seperti dikutip Sabtu (6/4/2024).

Dari keterangan tersebut diketahui bahwa Gibran mengatakan, “mengambil contoh dari India adalah hal yang tepat, mengingat keberhasilan nyata dari program makan siang di sekolah dan jumlah populasi negara tersebut yang relatif sebanding.”

Sebelumnya, dikutip dari DetikJateng, Gibran mengaku mengirimkan tim Prabowo-Gibran ke India untuk belajar soal program makan siang gratis.

Ia berharap agar program makan siang gratis ini nantinya tidak memberatkan APBN. Gibran juga mengungkap bahwa di India satu anak cuma membutuhkan anggaran 11 sen dollar karena sangat efisien pusat dapur dan logistiknya.

Menurutnya, selain India, ada negara-negara lain yang telah menerapkan skema makan siang gratis yang berbeda-beda. Dipilihnya India sebagai percontohan makan siang gratis karena telah berjalan dengan jumlah penduduk yang banyak.

“Ada 76 negara (menerapkan makan siang gratis) dengan skema yang berbeda-beda. India yang sudah jalan. India jumlah penduduk yang banyak banget,” kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Program Unggulan Prabowo-Gibran Agar Ekonomi RI Tumbuh 7%


(fab/fab)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *