Jakarta, CNBC Indonesia РPesawat produksi perusahaan asal Amerika Serikat (AS), yakni Boeing kembali bermasalah. Terbaru, melibatkan maskapai penerbangan Southwest Airlines di Bandara Internasional Denver, AS, akhir pekan waktu setempat.

Permasalahan ini terjadi saat pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Southwest ingin lepas landas dari Bandara Internasional Denver. Ketika hendak take off, penutup mesin pesawat lepas dan menghantam sayap pesawat.

Otoritas penerbangan AS, yakni Federal Aviation Administration atau FAA langsung menginvestigasi kejadian. Pesawat Southwest itu sendiri memiliki nomor penerbangan 3695 tujuan Houston’s William P. Hobby Airport.

Manajemen Southwest mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dilaporkan pesawat mampu kembali dengan selamat ke gerbang bandara (apron) untuk diperiksa tim pemeliharaan.

“Tim Maintenance kami sedang mengecek ulang kondisi pesawat,” kata manajemen Southwest dikutip dari CNBC¬†International, yang juga dirujuk oleh manajemen Boeing ketika dimintai tanggapan, Senin (8/4/2024).

Permasalahan pada pesawat Boeing ini menjadi setumpuk permasalahan yang terjadi baru-baru ini. Pada Januari 2024, pintu pesawat Boeing 737 Max 9 yang digunakan Alaska Airlines lepas saat berada di ketinggian 16.000 kaki.

Pada 2018 lalu, Boeing 737-8 Max yang digunakan perusahaan penerbangan Lion Air juga jatuh dan menewaskan seluruh penumpangnya. Penerbangan nomor JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang itu mengalami permasalahan mekanisme kontrol penerbangan.

Setahun setelahnya, Boeing 737-8 MAX yang digunakan Ethiopian Airlines juga jatuh menewaskan seluruh penumpang. Permasalahannya juga sama, yakni malfungsi sistem kontrol penerbangan yang disebut Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS).

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Potret Boeing 737 Max yang Gegerkan AS karena Baut Lepas


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *