Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pada tahun ini akan merayakan Idulfitri di Jakarta. 

Seperti diketahui, ini merupakan perayaan Lebaran terakhirnya sebagai RI 1. “(Lebaran) di Jakarta,” ungkap Jokowi, Senin (8/4/2024).

Jokowi mengatakan, belum ada rencana silaturahmi dengan tokoh-tokoh tertentu karena proses silaturahmi saat Lebaran akan mengalir. 

Sementara itu mengenai tempat salat Ied, Jokowi mengatakan kemungkinan besar akan di Masjid Istiqlal, Jakarta. 

“Kurang lebih (salat di Istiqlal), Insya allah. Enggak ada rencana (silaturahmi), mengalir biasa saja,” paparnya.

Pada tahun lalu, Jokowi merayakan Lebaran di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah.

Adapun Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat besok, Selasa (9/4/2024) untuk menentukan 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Lebaran pun berpotensi serentak terjadi meski awal puasa ada perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Potensi serentaknya Lebaran pada 10 April 2024 disebabkan terpenuhinya syarat minimal hilal, berdasarkan kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Kriteria itu terdiri dari tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi atau jarak sudut Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat.

Berbeda dengan pemerintah yang menggunakan metode rukyatul hilal, Muhammadiyah menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal dalam menentukan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah. Berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah 1445 H, tinggi Bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta (-07° 48′ LS dan 2 = 110° 21′ BT) +06° 08′ 28″ (hilal sudah wujud), dan di Wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam Bulan berada di atas ufuk.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Terima 100%, Segini Besaran THR Terakhir Jokowi Tahun Ini


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *