Jakarta, CNBC Indonesia – Layanan perbankan akan dibuka terbatas pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Hari Lebaran itu akan jatuh pada 10 April 2024, namun layanan perbankan sudah mempertimbangkan jadwal cuti bersama pada 8, 9, 12, dan 15 April.

Sejumlah bank pun telah menyesuaikan operasional kantor cabangnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Lebaran. Mengingat, bank sentral di Indonesia, yakni Bank Indonesia juga telah menyesuaikan layanan operasionalnya selama masa Lebaran.

“Kegiatan operasional Bank Indonesia akan kembali ke jadwal normal seluruhnya pada Selasa, 16 April 2024,” ucap Asisten Gubernur Bank Indonesia Erwin Haryono melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (9/4/2024).

Berikut jadwal operasional bank-bank besar selama masa libur Lebaran 2024:

BCA

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) telah melakukan penyesuaian pada jadwal operasional selama cuti Lebaran 2024. Mengutip keterangan resminya, berikut jadwalnya.

Sabtu dan Minggu, 6-7 April 2024: Layanan weekend banking beroperasi

Senin, 8 April 2024: Beroperasi terbatas

Selasa, Rabu, dan Kamis, 9-11 April 2024: Tidak beroperasi

Jumat, 12 April 2024: Melayani transaksi B2B Pertamina di Cabang tertentu

Sabtu dan Minggu, 13-14 April 2024: Layanan weekend banking ditiadakan

Senin, 15 April 2024: Tidak beroperasi

Seluruh kantor cabang BCA akan kembali beroperasi normal pada Selasa, 16 April 2024. Saat operasional terbatas, seluruh transaksi non-finansial dapat dilayani cabang yang beroperasi.

Transaksi finansial dan transfer dana melalui BI-FAST juga bisa dimanfaatkan masyarakat. Namun, operasional transaksi kliring, transfer dana melalui RTGS/SKNBI, dan layanan valas untuk sementara tidak dapat dilakukan.

BCA juga menyesuaikan operasional transaksi B2B Pertamina, khususnya untuk penerimaan setoran atas penjualan produk Pertamina bagi para pelanggan Pertamina secara Host to Host melalui KlikBCA Bisnis. Layanan tersebut tersedia di semua cabang yang beroperasi terbatas pada 8 April 2024. Pada 12 April 2024, kantor cabang BCA yang melayani penerimaan setoran B2B Pertamina yakni KCU Semarang, KCU Palembang, KCU Madiun, dan KCU Matraman.

Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) juga telah melakukan penyesuaian jam operasional. Corporate Secretary BMRI Teuku Ali Usman menyampaikan, selama periode libur Hari Raya Idulfitri tanggal 6-15 April 2024, beberapa cabang Bank Mandiri beroperasional untuk mengakomodir layanan khusus.

Informasi lebih detail mengenai layanan khusus Bank Mandiri selama periode libur Hari Raya Idul Fitri dapat dilihat melalui bmri.id/layananlebaran.

“Guna memenuhi kebutuhan transaksi, nasabah dapat memanfaatkan layanan digital Bank Mandiri seperti Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri khusus nasabah wholesale. Untuk transaksi tunai di atas Rp 100 Juta nasabah yang telah terdaftar dapat memanfaatkan Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) melalui Kopra by Mandiri,” kata Ali dalam keterangan resminya, Kamis (4/5/2024).

Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan e-channel Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan transaksi, antara lain 12.874 mesin ATM/ATM Setor Tarik yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Serta 246.000 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Bank Mandiri telah menyiapkan stok kartu hingga 975.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

BNI

PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) juga telah melakukan penyesuaian jadwal operasional pada saat cuti lebaran. Direktur Network & Services BNI Ronny Venir menyampaikan, BNI siap melayani masyarakat selama periode libur panjang Lebaran dengan membuka Outlet Layanan Terbatas pada 8-15 April 2024 dengan jam layanan pukul 09.00 hingga 12.00 waktu setempat.

BNI juga menyediakan akses kemudahan transaksi melalui BNI Mobile Banking, Internet/SMS Banking, BNI Direct (untuk nasabah non perorangan), QRIS, dan Kartu Debit.

Customer Experience Center (CX-Center) BNI juga telah mempersiapkan layanan yang beroperasi 24 jam untuk melayani nasabah selama libur panjang dengan jumlah pegawai yang bertugas lebih dari 250 orang per hari, sehingga Voice of Customer dapat dilayani dari berbagai Channel.

“Kami harap persiapan dan berbagai layanan yang disediakan BNI dapat memberikan kemudahan dan kelancaran transaksi bagi masyarakat selama Ramadan dan Lebaran 2024,” pungkas Ronny dalam keterangan resminya, dikutip Senin (8/4/2024).

Untuk rinciannya info lengkapnya dapat diakses pada https://www.bni.co.id/id-id/beranda/kabar-bni/pengumuman/articleid/23210.

BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) telah melakukan penyesuaian jadwal selama periode libur Idul Fitri. Bagi nasabah yang masih membutuhkan transaksi di Unit Kerja, BRI juga tetap memberikan layanan secara terbatas selama tiga hari yakni pada tanggal 8, 12, dan 15 April 2024 di 157 Unit Kerja Operasional (UKO) di seluruh Indonesia.

Untuk layanan Weekend Banking dilaksanakan tanggal 6-7 April 2024 dan 13-14 April 2024 di 66 UKO. Adapun detail informasi alamat unit kerja BRI yang memberikan layanan terbatas dapat diakses melalui website resmi BRI dengan alamat https://bri.co.id/layanan-terbatas-bri

Direktur Retail Funding & Distribution Andrijanto mengatakan bahwa layanan terbatas berarti menjawab kebutuhan masyarakat yang secara historis selalu meningkat dalam melakukan transaksi terutama di masa libur lebaran.

“Layanan perbankan baik secara digital maupun konvensional BRI ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Kami senantiasa mengakomodasi keperluan nasabah selama hari libur lebaran,” pungkas Andrijanto dalam keterangan resminya, dikutip Senin (8/4/2024).

Berikut daftar layanan lengkap Kalender Ramadan dan Idul Fitri 2024 BRI:

Sabtu-Minggu, 6-7 April 2024: Weekend Banking

Senin, 8 April 2024: Layanan Terbatas beberapa Unit Kerja Operasional

Selasa – Kamis, 9-11 April 2024: Tidak Beroperasi

Jumat, 12 April 2024: Layanan Terbatas beberapa Unit Kerja Operasional

Sabtu-Minggu, 13-14 April 2024: Weekend Banking

Senin, 15 April 2024: Layanan Terbatas beberapa Unit Kerja Operasional

BSI

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) selama periode 6 April-15 April 2024 akan membuka layanan terbatas di 566 outlet BSI yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat. Selanjutnya, layanan operasional terbatas dapat diakses di www.bankbsi.co.id

“Jelang Idul Fitri, perseroan akan mengoptimalisasi layanan BSI baik di kantor cabang maupun e-channel (ATM dan BSI Mobile). Saat ini kami juga memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada mesin ATM agar dapat memberikan layanan prima selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah, terlebih waktu-waktu ini menjadi salah satu periode yang memiliki traffic transaksi lebih tinggi dari biasanya,” tutur Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta dalam keterangannya.

Saat ini BSI memiliki lebih dari 1.100 kantor cabang, 2.559 mesin ATM yang terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ATM Jalin, VISA dan Mastercard serta layanan transaksi penarikan uang tunai yang bekerja sama dengan gerai Indomaret dan Alfamart di seluruh Indonesia.

Selain itu, Bob juga mengimbau nasabah untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui channel BSI Mobile yang dilengkapi fitur cek mutasi rekening, transfer BSI dan bank lain, pembayaran, pembelian, ZISWAF, pembiayaan emas dan multiguna, top up e-wallet, e-commerce serta layanan Islami lainnya.

Bob juga mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan transaksi cashless, seperti BSI Mobile, QRIS, kartu debit BSI, dan Hasanah Card dalam bertransaksi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jokowi Kesal Tabungan Nasabah Mandek di Bank, Kenapa?


(arj/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *