Jakarta, CNBC Indonesia – Jelang Hari Raya Idulfitri, masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman. Tak sedikit pula masyarakat yang melakukan perjalanan dengan moda transportasi kapal laut.

Media asing dari Singapura, The Straits Times, menyoroti fenomena mudik warga RI jalur laut melalui artikel berjudul ‘Indonesia’s annual exodus starts ahead of Eid al-Fitr festival’ yang dirilis pada Selasa (9/4/2024).

Dalam artikel tersebut, disebutkan ada kemacetan ekstrem di Pelabuhan Merak. Berdasarkan pantauan, terlihat ada ribuan kendaraan yang berada dan menuju pelabuhan yang terletak di Cilegon, Banten tersebut.

“Rekaman drone pada tanggal 8 April menunjukkan ribuan kendaraan mengantre untuk memasuki feri, sementara masih banyak lagi yang berada di jalan menuju pelabuhan, yang membentang jauh di luar Merak,” demikian laporan media tersebut.

Aditya Nugraha (21), seorang warga yang akan mudik, menceritakan bahwa ia sudah terjebak hampir 13 jam dalam kemacetan menuju pelabuhan. Ia berencana melakukan mudik dari Jakarta ke kampung halamannya di Palembang di pulau Sumatera.

“Kami berangkat dari rumah tadi malam sekitar jam 9, dan sekarang sudah jam 13 dan kami masih terjebak dalam kemacetan yang sangat panjang ini. Mudah-mudahan, akan ada solusi untuk masalah ini segera,” kata Aditya, seperti dilaporkan Reuters.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan RI, masyarakat yang tinggal di Jakarta, kota berpenduduk 11 juta orang, mulai meninggalkan ibu kota sejak akhir pekan.

Menurut survei kementerian, sekitar 193 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan selama perayaan Lebaran pada tahun 2024, atau sekitar 56% lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah wisatawan selama liburan Idulfitri pada tahun 2023.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan peningkatan volume penumpang dan kendaraan terjadi di periode mudik lebaran 2024 ini. Setidaknya dari H-7 hingga H-2 lebaran ada 682.657 orang dan 159.866 unit kendaraan yang meninggalkan Jawa menuju Sumatera.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Jokowi: Sekarang Macet Hampir Ada di Semua Kota


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *