Jakarta, CNBC Indonesia – Serangan Israel atas Kedubes Iran dapat Memicu Perang Dunia III. Hal ini disampaikan Guru Besar Hukum Internasional UI yang juga Rektor Universitas Jenderal A Yani, Hikmahanto Juwana.

Dalam pernyataannya, Minggu (14/4/2024), eskalasi konflik ke level global akan terlihat dari bagaimana Amerika Serikat (AS) memberikan dukungan kepada Israel. Pasalnya, ini akan memicu negara-negara lain untuk mendukung Iran.

“Bila AS akan tetap membantu Israel dalam.serangan balasan ke Iran bukannya tidak mungkin negara2 lain seperti Korea Utara dan Rusia akan membantu Iran,” paparnya dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia.

“Perang di Timur Tengah akan bereskalasi yang menjurus pada terjadinya Perang dunia III yang tentunya akan merugikan seluruh umat manusia.”

Diketahui, Iran pada Sabtu Malam menyerang Israel sebagai langkah balas dendam atas serangan di Konsulatnya di Damaskus, Suriah. Dalam serbuan itu, beberapa petinggi militer Teheran tewas.

Dengan situasi ini, ia menyebut Pemerintah Indonesia perlu untuk turun tangan untuk memastikan agar serangan bisa dihentikan, termasuk serangan ke Gaza oleh Israel.

Ada sejumlah upaya yang dapat dilakukan RI. Pertama yakni meminta Dewan Keamanan PBB untuk melakukan sidang darurat atas serangan Israel ke Kedubes Iran. Bila perlu berinisiatif membuat Resolusi Majelis Umum yang mengutuk tindakan Israel.

Lalu, RI perlu melakukan shuttle diplomacy ke AS beberapa negara Eropa untuk tidak mendukung tindakan salah dari Israel. Mereka diharapkan memberi contoh agar negara-negara tunduk pada hukum internasional.

“Selain itu, mendorong rakyat dan pemerintahan dunia agar rakyat dan oposisi di Israel untuk menurunkan Perdana Menteri (PM) Netanyahu mengingat serangan ke Gaza maupun Iran hanya bisa dihentikan oleh siapapun yang menjabat sebagai PM namun bukan Benjamin Nethanyahu,” tambahnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Serangan Israel Tewaskan Petinggi Iran, Awas Perang Besar!


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *