Jakarta, CNBC Indonesia – Jet tempur Inggris telah menembak jatuh drone milik Iran yang bertujuan menyerang Israel. Demikian disampaikan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak seperti dilansir AFP, Minggu (14/4/2024).

“Saya dapat memastikan bahwa pesawat kami memang menembak jatuh sejumlah drone Iran,” ujarnya.

Rishi Sunak pun mengonfirmasi kalau Inggris telah membantu Israel dan sekutu lainnya dalam menghalau serangan tersebut.

Korps Garda Revolusi Iran meluncurkan serangan drone dan misil ke wilayah Israel, Sabtu (13/4/2024). Serangan ini meningkatkan ketegangan antara kedua negara dengan AS yang telah bersumpah mendukung Israel.

Adapun, militer Israel mengatakan lebih dari 100 drone memasuki teritori mereka dari Iran. Media Israel, Channel 12, mengungkapkan beberapa serangan diluncurkan dari Suriah dan Yordania.

Kantor berita Iran mengutip sebuah sumber yang mengatakan militernya juga telah meluncurkan gelombang pertama rudal balistik terhadap Israel.

Iran telah bersumpah akan melakukan pembalasan atas apa yang mereka sebut sebagai serangan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus pada 1 April 2024 lalu yang menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi, termasuk dua komandan senior. Iran menyatakan serangan tersebut merupakan hukuman atas “kejahatan Israel”.

Israel tidak membenarkan atau membantah bertanggung jawab atas serangan konsulat tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kapal Tanker Kimia Diserang Iran di Samudera Hindia, Ada Apa?


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *