Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Apple Tim Cook dijadwalkan menyambangi Indonesia pada Rabu (17/4/2024). Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara dan berharap Apple bisa merealisasikan investasinya di Indonesia. Apalagi komunikasi sudah intens berjalan.

“Ya mudah-mudahan, mudah-mudahan (investasi). Kalau sama Apple kan kita udah bicara, sudah cukup lama kita bicara,” kata Agus dalam Halal Bi Halal Kemenperin di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Upaya untuk menggaet raksasa teknologi Amerika Serikat sudah berjalan, utamanya mendorong kenaikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) skema investasi.

“Ada kebijakan, ini saya tidak mengatakan kebijakan khusus ya, tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple untuk mengoffset penilaian TKDN untuk produk-produk Apple sendiri,” imbuhnya.

Lewat skema investasi, Apple mengucurkan modal yang digunakan untuk membangun Apple Developer Academy di BSD, Batam, dan Surabaya.

“Jadi mereka berkomitmen dan mereka wajib untuk membentuk infrastruktur pendidikan di Indonesia dan mereka sudah membentuk tiga, udah mau empat yang disebut dengan Apple Academy, yang menurut pandangan saya output-nya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi, yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain,” ucap Agus.




CEO Apple Tim Cook memperkenalkan Apple Vision Pro di Apple Park di Cupertino, California, AS 5 Juni 2023. (Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS)Foto: CEO Apple Tim Cook memperkenalkan Apple Vision Pro di Apple Park di Cupertino, California, AS 5 Juni 2023. (via REUTERS/Brooks Kraft/Apple Inc.)
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan Apple Vision Pro di Apple Park di Cupertino, California, AS 5 Juni 2023. (Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS)

Apple menjadi satu-satunya HP yang masih diimpor utuh perusahaan ini bisa tetap menjual iPhone di Indonesia karena memenuhi aturan TKDN menggunakan skema investasi.

Sebelumnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kamsong mengatakan Tim Cook akan bertemu Jokowi pada Kamis 18 April 2024. Namun, jadwal tersebut masih tentatif sesuai dengan ketersediaan waktu Presiden.

“Rencana 18 April bertemu Presiden dan Menkominfo mendampingi. Tetapi, masih menunggu kepastian,” ungkapnya.

Sementara besok, Cook rencananya akan datang ke Bali untuk meresmikan Apple Developer Academy terbaru Apple.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Modal RI Tarik Investasi Hingga Rp 1.650 Triliun di 2024


(fys/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *