Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah sudah mengumumkan akan membuka 2,3 juta formasi pada seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024. Formasi yang dibuka terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dari jumlah formasi yang dibuka, ada 3 kementerian yang diketahui membuka lowongan paling banyak. Tiga kementerian itu adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek); Kementerian Kesehatan (Kemenkes); dan Kementerian Agama. Tiga kementerian ini diketahui membuka lowongan dengan jumlah puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menjelaskan alasan 3 kementerian ini membuka formasi jumbo. Dia mengatakan dalam seleksi CASN 2024 pemerintah memprioritaskan penyediaan layanan dasar, yakni tenaga pendidik dan kesehatan.

“Pertama kita beresin dulu pelayanan dasar dan tenaga kesehatan,” kata Anas dikutip Kamis, (18/4/2024). Anas berkata besarnya formasi juga timbul karena pemerintah tengah mengupayakan penyelesaian masalah tenaga honorer, termasuk guru dan tenaga kesehatan honorer.

Berikut ini merupakan rincian formasi yang dibuka di 3 kementerian itu.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan & Ristek

Kemendikbudristek akan membuka formasi sebanyak 15.462 untuk CPNS dan 25.079 PPPK. Formasi PPPK yang dibuka akan dipakai untuk menyelesaikan masalah tenaga pendidik yang masih berstatus honorer. Selain itu, formasi di kementerian ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan dosen di perguruan tinggi.

Selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk kebutuhan dosen terbilang minim. Padahal, jumlah mahasiswa terus meningkat.

Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan dalam 10 tahun terakhir penambahan dosen dan guru sangat terbatas. Padahal, kata dia, jumlah guru dan dosen yang pensiun sangat banyak. Nadiem berkata lowongan yang dibuka kementeriannya juga ditujukan untuk tenaga kesehatan yang akan bekerja di klinik, poliklinik, rumah sakit pendidikan, serta rumah sakit gigi dan mulut di lingkungan perguruan tinggi negeri.

Kementerian Kesehatan

Kemenkes membuka formasi CASN 2024 sebanyak 23.200. Formasi itu terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK. Formasi yang dibuka Kemenkes ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik-klinik kampus dan di pemerintahan daerah.

Pemerintah menjanjikan insentif yang lebih besar kepada tenaga kesehatan yang mau bertugas di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Skema insentif itu kini sedang digodok dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN yang bakal rampung akhir April 2024.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan, formasi tersebut juga dibuka untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit besar yang sedang dibangun. Salah satunya di IKN. “Karena kebetulan kita bangun rumah sakit di IKN. Kebutuhan antara 800-1000 posisi,” kata Budi.

Kementerian Agama

Kementerian Agama membuka formasi dengan jumlah seluruhnya mencapai 110.553 orang. Formasi tersebut diperuntukan bagi kebutuhan guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN.

Kebutuhan untuk guru madrasah, sekolah Kristen, dan sekolah Katolik mencapai puluhan ribu. Sementara kebutuhan untuk formasi dosen di universitas keagamaan mencapai ribuan orang.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Kelas BPJS Kesehatan 1,2,3 Dihapus Juni 2025, Iurannya Jadi Berapa?


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *