Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Terpantau Wang Yi beserta rombongan tiba di Istana sekitar pukul 09.20 WIB.

“Cuaca yang bagus,” kata Wang Yi kepada wartawan. Ia belum mau membeberkan agenda pertemuannya.

Terlihat juga Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang juga tiba di Istana sekitar pukul 09.10 WIB.

Diketahui selain Indonesia, Wang Yi juga dijadwalkan mengunjungi Kamboja dan Papua Nugini. Rencana kunjungan ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan terbaru pada Selasa (16/4/2024).

Dalam pernyataan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian menyebut Wang Yi akan memulai rangkaian kunjungan kenegaraannya pada Kamis (18/4/2024) hingga Selasa (23/4/2024).

Di RI, Wang Yi akan menghadiri dan memimpin sesi Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi China-Indonesia. Sementara di Kamboja, ia akan memimpin dua pertemuan Komite Koordinasi Antarpemerintah China-Kamboja.

Wang Yi terakhir kali berkunjung ke Indonesia pada Juli 2023. Saat itu, dia melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan para menlu dari ASEAN di Indonesia, serta membahas kerja sama antara China dan negara-negara anggota ASEAN.

Diplomat senior ini kembali menjabat sebagai Menlu China setelah rekannya, Qin Gang, yang saat itu menjabat sebagai menlu China, tiba-tiba menghilang.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Menlu RI Kecam Israel Yang Mau Lanjutkan Perang


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *