Jakarta, CNBC Indonesia – Iran buka suara mengenai dugaan serangan Israel ke wilayahnya di Isfahan pada Jumat (19/4/2024) dini hari. Hal ini disampaikan seorang pejabat Iran kepada Reuters.

Kepada media itu, pejabat Teheran mengatakan bahwa negaranya tidak akan melakukan serangan balik. Ia menyebut bahwa bagi Iran tidak ada serangan eksternal ke wilayahnya, meski ada laporan pejabat Amerika Serikat (AS) terkait serangan Israel di Isfahan.

“Sumber asing mengenai insiden tersebut belum dapat dikonfirmasi. Kami belum menerima serangan eksternal apa pun, dan diskusi lebih condong ke arah infiltrasi daripada serangan,” katanya seperti dikutip kantor berita itu.

Sebelumnya, Israel disebut telah melakukan serangan ke wilayah Iran. Seorang pejabat Washington menyebut ini merupakan balas dendam Tel Aviv atas serangan Teheran ke wilayahnya pada Sabtu lalu.

Sejauh ini belum ada juga pernyataan resmi dari Israel terkait laporan ini

Sementara itu, sebuah ledakan terdengar di kota Ghahjaworstan di Iran, terletak di barat laut kota Isfahan, menurut kantor berita semi-resmi Iran FARS, mengutip sumber-sumber lokal.

“Kota Ghahjaworstan terletak di dekat Bandara Isfahan dan pangkalan perburuan kedelapan Angkatan Udara,” lapor FARS, dikutip CNN International.

Hubungan Iran dan Israel diketahui memanas sejak Negeri Zionis menyerang Gaza pada 7 Oktober lalu untuk menumpas milisi Hamas. Diketahui, Hamas sebelumnya telah melancarkan serangan lintas batas ke wilayah Israel yang menewaskan lebih dari 1.000 warga Negeri Yahudi.

Eskalasi keduanya mencapai titik klimaks tatkala sebuah serangan rudal mengenai Konsulat Iran di Damaskus Suriah dan menewaskan beberapa pejabat pasukan Garda Revolusi Iran.

Teheran menyebut serangan ini didalangi oleh Israel. Meski begitu, Tel Aviv tidak mengonfirmasi apakah pihaknya menjadi dalang serangan konsulat itu.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


5 Negara Mayoritas Muslim Berkekuatan Militer Melebihi Israel


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *