Jakarta, CNBC Indonesia – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menurunkan status Gunung Ruang dari yang sebelumnya Level IV atau AWAS menjadi Level III atau SIAGA. Turunnya status itu mulai berlaku hari ini, Senin (22/4/2024).

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada G. Ruang, maka tingkat aktivitas G. Ruang diturunkan dari Level IV (AWAS) menjadi Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA,”ujar Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid, Senin (22/4/2024).

PVMBG akan terus memonitor tingkat aktivitas Gunung Ruang dan akan mengevaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan, sambung Wafid.

Pada Level SIAGA ini, PVMBG menurunkan jarak aman masyarakat beraktivitas dari sebelumnya 6 km menjadi 4 km termasuk jarak evakuasi.

“Pada tingkat aktivitas G. Ruang Level III (Siaga) PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif G. Ruang. Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km,” jelas Wafid.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Sejarah Terungkap, Gunung Ruang Pernah Meletus Sejak Tahun 1808


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *