Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia dan China sepakat untuk melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung menuju ke Surabaya. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kedua negara sepakat membentuk tim untuk proyek tersebut.

“Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya kita sepakat segera tim dibentuk,” ungkap Luhut usai pertemuan ke-4 High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dikutip dari akun media sosial Instagram miliknya, Senin (22/4/2024).

Sebelumnya, Luhut sudah membocorkan rencana perpanjangan rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung menuju Surabaya. Bahkan studi proyek ini tengah dilakukan kedua negara.

“Sekarang studinya sedang jalan, kita minta Prof Satrio yang ikut menangani LRT, orang Indonesia dari China, Tiongkok juga,” ungkap Luhut di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (26/1/2024).




Penumpang Kereta Cepat Whoosh/Dok: KCICFoto: Penumpang Kereta Cepat Whoosh/Dok: KCIC
Penumpang Kereta Cepat Whoosh/Dok: KCIC

Selain soal perpanjangan rute sampai Surabaya, Luhut juga bilang saat ini pihaknya tengah bernegosiasi soal pinjaman dan bunganya. Jangan sampai bunga pinjaman nantinya memberatkan.

“Sekarang bicara soal bunganya, kita berangkat dari pengalaman Jakarta-Bandung pasti kita bikin lebih murah karena dulu masalah tanah, kita udah tahu kiat-kiatnya terowongan misalnya seminim mungkin bikin terowongan misal,” tuturnya.

Sayangnya Luhut belum bisa menjelaskan detail soal proyek ini.

“Saya belum tahu, saya ngomong nanti,” ucapnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Deforestasi Jadi Ajang Perang Baru RI Vs Eropa


(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *